Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi kasus Toko Mukhlis dan Toko Harapan Baru Komplek Pasar Seputih Raman, Lampung Tengah)

KURNIA, ARIS (2023) Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (Studi kasus Toko Mukhlis dan Toko Harapan Baru Komplek Pasar Seputih Raman, Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Aris Kurnia-1903010012.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Bauran pemasaran merupakan perangkat alat pemasaran yang digunakan pelaku bisnis untuk mencapai tujuan perusahaannya. Strategi bauran pemasaran begitu penting untuk sebuah usaha, karena dengan strategi bauran pemasaran ini suatu usaha akan bisa bersaing dengan usaha lainnya dan dapat menganalisis kinerja suatu usaha, baik dari segi produksi, promosi, distribusi dan harga yang ada di dalam bauran pemasaran. Di era modern saat ini juga sudah banyak para pemilik usaha menggunakan beberapa penerapan dalam memperkenalkan produk yang mereka punya. Memanfaatkan situasi yang sedang berjalan itu sangat menguntungkan bagi usaha yang kita dirikan. Penjualan adalah instrument dari program pemasaran dalam perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan yaitu proses pendistribusian produk ke konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan ditinjau dari marketing syariah di Toko Mukhlis dan Toko Harapan Baru, Komplek Pasar Seputih Raman, Lampung Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian. Jenis penelitian ini adalah Field Research atau bisa juga disebut dengan penelitian lapangan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa praktik pemasaran yang dilakukan oleh Toko Mukhlis dan Toko Harapan Baru diantaranya, product, price, place, promotion. Tetapi dalam 4 unsur tersebut masih ada yang belum terealisasikan secara maksimal yaitu di place dan promotion dalam meningkatkan volume penjualan. Di dalam menjalankan usaha juga terdapat beberapa prinsip marketing syariah yang ada. Prinsip tersebut seperti siddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Di Toko Mukhlis dan Toko Harapan Baru dalam menjalankan prinsip marketing syariah tersebut terdapat 1 prinsip yang belum dijalankan secara maksimal yaitu fathanah.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Penjualan, Marketing Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:55
Last Modified: 24 Oct 2023 07:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7994

Actions (login required)

View Item View Item