Novila, Ina (2019) Strategi pemasaran pedagang offline dengan online ditinjau dari etika bisnis islam (Studi kasus Pedagang pakaian di 15 A Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 010.FEBI.2019.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pedagang pakaian offline dan online di 15A Metro Timur dan mencari tahu apakah strategi pemasaran yang digunakan sesuai dengan etika bisnis Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di simpang kampus 15A Metro Timur. Sifat penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas terpimpin, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik toko pakaian di 15A Metro Timur. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pola berpikir induktif.
Temuan penelitian ini adalah yang pertama, toko pakaian offline maupun online di 15A Metro Timur menggunakan strategi pemasaran yang dikembangkan dari bauran pemasaran (marketing mix) yaitu dengan pemilihan tempat, harga, produk, dan promosi dengan media sosial. Kedua, strategi pemasaran yang dilakukan oleh pemilik toko pakaian offline di 15A Metro Timur sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu dengan berdagang secara jujur, tidak melakukan penipuan, tidak menjatuhkan toko pesaing, tidak melakukan sumpah, dan menepati janji. Namun, masih ada beberapa pedagang online yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam. Kesimpulan penelitian ini adalah ada beberapa toko pakaian online di 15A Metro Timur menggunakan strategi pemasaran yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 08:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 08:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/80 |
Actions (login required)
View Item |