Sulistian, Linda (2023) Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Linda Sulistiani.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Nilai karakter peduli sosial peserta didik sangat penting diimplementasikan sejak dini. Peran guru dalam sekolah sangat dibutuhkan agar peserta didik memiliki karakter peduli sosial yang baik. Masalah yang dihadapi guru kepada peserta didik yaitu kurangnya sopan santun, sikap toleransi, cinta damai dan membantu teman satu sama lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter peduli sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang dan Apasaja faktor pendukung peran guru dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter peduli sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru, Perserta Didik, dan wali murid peserta didik. Objek penelitian dilakukan di SD Negeri 20 Tulang Bawang. Teknik penelitian data dilakukan dengan tig acara yaitu: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Verification. Penelitian ini dilakukan pada 16 Maret sampai 23 Maret 2023.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter peduli sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang dilaksanakan dengan peranan guru yaitu: peran guru sebagai pendidik yaitu menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik disekolah, peran guru sebagai pembimbing yaitu untuk memberi motivasi serta bimbingan kepada peserta didik, dan peran guru sebagai pengajar merupakan implementasi sikap peduli sosial dalam pemberian materi pembelajaran dikelas. Faktor pendukung peran guru dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter peduli sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang yaitu kompetensi guru, sedangkan faktor penghambat peran guru dalam mengimplementasikan nilai Pendidikan karakter peduli sosial peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Tulang Bawang yaitu keluarga.
Kata kunci: peran guru, impementasi, peduli sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 08:41 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 08:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8005 |
Actions (login required)
View Item |