Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Aktualisasi Etika Profesi Customer Service Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota BMT As-Syafi’iyah Kota Gajah

Mahmudin, Mukhlis Soleh (2023) Aktualisasi Etika Profesi Customer Service Dalam Upaya Meningkatkan Kepuasan Anggota BMT As-Syafi’iyah Kota Gajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Mukhlis Mahmudin.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Etika profesi merupakan serangkaian aturan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab karyawan. Dalam penelitian ini etika profesi mengatur apa saja tugas pokok dari sebuah profesi khususnya customer service. Pada praktiknya di BMT As-Syafi’iyah Kota Gajah terdapat masalah pelayanan yang berupa ketidak puasan anggota terhadap penyampaian informasi dan penetapan waktu dalam pelayanan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi etika profesi customer service dalam upaya meningkatkan kepuasan anggota BMT As- Syafi’iyah Kota Gajah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat kualitatif. sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif yang meliputi penyajian data wawancara, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan etika profesi customer service di BMT As-Syafi’iyah Kota Gajah sudah diterapkan namun belum 100%. Mayoritas anggota menyatakan sudah puas baik dengan pelayanan maupun dengan penyampaian informasi yang diberikan oleh customer service sudah jelas dan dapat mudah dipahami. Aspek lain yang di komplain dalam pelayanan customer service yaitu waktu istirahat yang agak lama menyebabkan ketidaknyamanan bagi anggota yang terburu buru dalam kondisi tertentu. Diharapkan dengan menambah jumlah personil customer service dapat meningkatkan efisiensi waktu saat pelayanan.
Kata Kunci: Aktualisasi Etika Profesi, Customer Service, Kepuasan Anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:52
Last Modified: 02 Aug 2023 02:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

View Item View Item