Wati, Chinta (2023) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Puzzle Huruf pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 4 Rajabasa Lama. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
skripsi chinta wati_ 1901032008 - Chinta Wati.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar merupakan keterampilan yang mendasari untuk keterampilan membaca berikutnya. Keterampilan membaca permulaan khususnya kelas rendah seperti kelas I dan II membutuhkan perhatian dan strategi pada saat proses pembelajaran berupa metode atau media. Media puzzle adalah salah satu media yang dapat membantu guru dalam kegiatan proses belajar keterampilan membaca permulaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SD Negeri 4 Rajabasa Lama. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri 4 Rajabasa Lama yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan dokumentasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa pada siklus I dengan rata-rata 72,13 terdapat 19 siswa yang mencapai KKM pembelajaran. Pada siklus II dengan rata-rata 80,13 terdapat 25 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang digunakan bahwa media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 4 Rajabasa Lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 03:30 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 03:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8023 |
Actions (login required)
View Item |