NINGSIH, DWI LESTARI (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Kelas V SD N 1 Simbar Waringin Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dwi Lestari Ningsih.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Peserta didik sekolah dasar merupakan individu yang belum dewasa atau individu yang terus mengalami perubahan, perkembangan baik secara fisik, maupun mental. Dengan begitu peserta didik memerlukan bantuan, bimbingan dan arahan dari seorang guru dalam membentuk karakter terutama karakter religius serta sebagai bagian dari struktural proses pendidikan. Melalui jalur, jenjang dan jenis pendidikanlah karakter peserta didik akan terbentuk, selain itu juga faktor dari dalam dan dari luarpun dapat mempengaruhi proses perkembangannya. Berdasarkan hasil riset yang penulis lakukan di SD Negeri 1 Simbar Waringin, bahwa masih ada peserta didik yang memiliki masalah karakter religius diantaranya: mencontek, sombong, tidak mengerjakan tugas, kurangnya rasa sopan santun.
Berkenaan dengan hal di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religiuis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Simbar Waringin, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pengumpul data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius peserta didik kelas V SD Negeri 1 Simbar Waringin dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik. Peranan guru tersebut yaitu: memberikan keteladanan, menyusun RPP, peggunaan metode pembelajaran, membentuk relasi yang baik, mengapresiasi dan menghargai peseta didik, mengoptimalkan fungsi KKG dan MGMP, mengembangkan kokurikuler, melaksanaan ekstrakulikuler, mengoptimalkan fungsi dan bimbingan konseling, melakukan monitoring dan evaluasi. Meskipun penelitian ini menunjukan terlaksana dengan baik, akan tetapi guru harus terus berupaya untuk konsisten dalam menanamkan karakter religius peserta didik.
Kata Kunci : Guru, Menanamkan karakter
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 01:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 01:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8028 |
Actions (login required)
View Item |