Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD It Al-Muhsin Metro

VERONIKA, ECHA (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD It Al-Muhsin Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ECHA VERONIKA_1901031025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran Matematika antara lain adalah pembelajaran Matematika belum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), pembelajaran masih bersifat teacher centered, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDIT Al- Muhsin Metro.

Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu Pretest Posttest Control Grup Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapat perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Untuk menentukan sampling, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis dengan uji Mann-Whitney menggunakan bantuan software SPSS. Untuk melihat peningkatan data hasil belajar peneliti menggunakan N-gain ternormalitas.

Berdasarkan analisis data dengan perhitungan menggunakan SPSS versi 22 diperoleh hasil pada uji Mann Whitney diperoleh hasil bahwa Zhitung sebesar - 3,101 dengan nilai Sig. 0,002. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamnet (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas V SDIT Al-Muhsin Metro. Penggunaan model pembelajaran TGT terbilang efektif dalam meningkatkan hasil belajar, terbukti dengan uji N-Gain Score pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,8192 dimana pada angka tersebut termasuk pada kategori tinggi (efektif)
Kata Kunci: Team games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:17
Last Modified: 24 Oct 2023 08:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8030

Actions (login required)

View Item View Item