Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Untuk Kelas X IPA SMA Negeri 1 Pekalongan Pada Materi Annelida

Vahdila, Enturia (2023) Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Untuk Kelas X IPA SMA Negeri 1 Pekalongan Pada Materi Annelida. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ENTURIA VAHDILA-1901038001.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses terjadinya kegiatan belajar mengajar sehingga timbulnya interaksi antara guru dengan peserta didik. Proses pembelajaran yang tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat menyebabkan peserta didik menjadi mudah bosan dan kurang aktif, sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan media pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat menyampaikan pesan dalam pembelajaran. Salah satunya mediaPop-Up Book karena media ini dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa untuk kelas X IPA SMA Negeri 1 Pekalongan pada materi annelida. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperiment.

Data penelitian dikumpulkan dengan memberikan tes pretest dan postest, hasil pretest tertinggi pada kelas kontrol sebesar 60 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 53,3 hal ini menujukan hasil pretest kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen dan hasil postest tertinggi kelas eksperimen sebesar 86,7 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73,3 hal ini menujukan hasil postest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengamatan observasi pada ranah afektif dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan, pada kelas eksperimen dipertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,55 dan padapertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,80. Sedangakan dikelas kontrol pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,27 dan pada pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,55.

Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis berupa uji-t dan uji N-Gain. Berdasarkan pengumpulan data dan analisis data uji hipotesis diperoleh nilai sig 0.000, dimana 0.000 <0.05 artinya H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguaan pop-up book berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi annelida

Kata kunci: Hasil Belajar, Pop-up Book

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:30
Last Modified: 24 Oct 2023 08:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8033

Actions (login required)

View Item View Item