BADRIYAH, ERNI MIFTAHUL (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Strategi Ekspositori Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Batanghari Nuban. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ERNI MIFTAHUL BADRIYAH-1901011058.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Strategi merupakan suatu rencana tentang cara-cara pendayagunaan potensi dan sarana yang ada untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dari suatu kegiatan. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang
guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai dan memahami materi pelajaran secara optimal. Dalam strategi pembelajaran ini, materi pembelajaran disampaikan langsung oleh guru.
Guru sebagai pendidik senantiasa melakukan usaha-usaha untuk dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan agar siswa mudah memamahi materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik. Hal ini berkaitan dengan kenyataan dilapangan, ketika proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung masih ada siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Maka, upaya guru dalam menerapkan strategi ekspositori mata pelajaran pendidikan agama Islam itu sangat penting dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi.
Berdasarkan permasalahan di atas pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan strategi ekspositori mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 3 Batanghari Nuban? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan strategi ekspositori mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 3 Batanghari Nuban.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan alat pengumpulan data untuk pengumpulan data menggunakan beberapa metode diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan sumber data yang digunakan peneliti adalah sumberp primer dan skunder, sumber primer yaitu guru pendidikan agama Islam dan sumber skunder yaitu siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan strategi pembelajaran ekspositori mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 3 Batanghari Nuban adalah dengan meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam proses pembelajaran. Upaya guru dalam menerapkan strategi ekspositori ini memberikan peningkatan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran pendidikan agama Islam.
Kata kunci: Strategi, Strategi Pembelajaran Ekspositori
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:01 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8034 |
Actions (login required)
View Item |