Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Batanghari Lampung Timur

Amanah, Syifa Putri (2023) Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Syifa Putri Amanah -1901011159 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah sebuah aktivitas kebiasaan dalam membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan secara rutin dengan membiasakan membacanya. Pembiasaan membaca Al-Qur’an dapat memperkuat jiwa rohani siswa untuk lebih dalam mengenal agama dan kepribadian masing-masing. Dari hasil prasurvey menyebutkan bahwa kurangnya perhatian siswa terhadap pentingnya membaca Al-Qur’an, sehingga kecerdasan spiritualnya belum terjamah dengan baik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMA N 1 Batanghari Lampung Timur? Sedangkan tujuannya adalah untuk mengtahui pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMA N 1 Batanghari.

Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi atau data responden, jenis angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Product Moment.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMAN 1 Batanghari. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 154 siswa, yang terdiri dari 6 kelas dan sampelnya berjumlah 32 siswa.

Hasil perhitungan ini menunjukkan bahwa harga r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,349. Dengan demikian (rxy) = 0,711 lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5%. Setelah mengetahui derajat keeratan hubungan antara kedua variabel tersebut, besarnya r yaitu terdapat pengaruh antara variabel x dan y dengan diperolehnya r hitung sebesar 0,711 terletak antara 0,60-0,799 yang memiliki tingkat pengaruh kuat. Artinya pembiasaan membaca Al-Qur’an memberikan kontribusi terhadap kecerdasan spiritual sebesar 50% dan sisanya 50% ditentukan oleh variabel lain. Maka dengan ini hipotesis yang penulis ajukan yang berarti pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XI di SMAN 1 Batanghari Lampung Timur diterima.

Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Al-Qur’an, dan Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 02:49
Last Modified: 24 Oct 2023 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item