Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas Di BPRS Aman Syariah (Kantor Kas Purbolinggo Lampung Timur)

Marcelina, Wulan (2023) Minat Nasabah Dalam Memilih Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas Di BPRS Aman Syariah (Kantor Kas Purbolinggo Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI WULAN MARCELINA - 1903020065 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

BPRS Aman Syariah merupakan BPRS yang meluncurkan produk pembiayaan kepemilikan emas sejak tahun 2021. Hal ini dikarenakan banyaknya minat masyarakat terutama saran dan permintaan dari nasabah BPRS Aman Syariah sendiri, dimana emas ini memiliki nilai investasi yang menjanjikan karena harga emas yang cenderung naik setiap hari nya. Pembiayaan kepemilikan emas pada BPRS Aman Syariah merupakan pembiayaan yang diberikan untuk membeli emas logam mulia dalam bentuk batangan yang diangsur secara rutin setiap bulannya sehingga dapat membantu nasabah untuk memiliki emas dalam bentuk lantakan atau batangan dengan menggunakan akad murabahah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi minat nasabah memilih produk pembiayaan kepemilikan emas di BPRS Aman Syariah Kantor Kas Purbolinggo Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya minat nasabah dalam melakukan pembiayaan. Faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan pembiayaan kepemilikan emas pada BPRS Aman Syariah kantor kas Purbolinggo Lampung Timur dapat dikategorikan ke dalam faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kepribadian, motivasi, sikap keyakinan dan gaya hidup masa kini. Sedangkan faktor eksternal seperti pengaruh dari promosi dan lingkungan serta hubungan sosial antara seseorang dapat menjadi faktor penentu timbulnya minat serta lokasi yang strategis membuat minat nasabah mengajukan pembiayaan.

Kata Kunci: Minat Nasabah, Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:41
Last Modified: 24 Oct 2023 07:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8037

Actions (login required)

View Item View Item