Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membangun Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Di SMP Negeri 3 Way Jepara

Fitriana, Nana (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membangun Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Di SMP Negeri 3 Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NANA FITRIANA - 1901010054 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Moderasi beragama sebagai cara pandang beragama secara moderat, yakni mampu mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri. Mampu untuk menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Di SMP Negeri 3 Way Jepara memilki latar belakang agama yang berbeda dan memiliki heteroginitas agama yang cukup tinggi, bertempat dilingkungan sekolah yang memiliki perbedaaan kepercayaan agama. Penguatan prinsip-prinsip moderas beragama sebaiknya dibangun oleh guru PAI agar murid tidak terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama.

Berdasarkan permasalahan di atas, pertanyaan dalam penelitian ini adalah apa peran guru pendidikan agama dan budi pekerti dalam membangun prinsip-prinsip moderasi beragama, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membangun prinsip-prinsip moderasi beragama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Dalam penelitian ini, guru PAI dan peserta didik yang beragama Islam sebagai sumber data primer, serta kepala sekolah SMP Negeri 3 sebagai sumber data sekunder. Untuk mengumpulkan data-data terkait penelitian, peneliti ini menggunakan alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa peran guru PAI dalam membangun prinsip-prinsip moderasi sudah baik: 1. peran guru PAI dalam membangun prinsip-prinsip moderasi beragama di SMP Negeri 3 Way Jepara adalah sebagai a. Conservator yaitu guru PAI bertanggung jawaba akan tugas dan sikapnya, b. Transmiter yaitu guru PAI bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator yaitu guru PAI berkolaborasi dengan semua guru, d. Organizer yaitu guru melaksanakan keiatan yang diinovasikan, e. Transformator yaitu guru PAI menerjemahkan prinsip-prinsip moderasi dengan menjadi figur yang baik dan dapat diteladani; 2. Prinsip-prinsip moderasi beragama yang dibangun meliputi; pertama, Tawasut, kedua, Tawazun, ketiga, I’tidal, Keempat, Tasamuh, Kelima, Musawah, Keenam, Syura, Ketujuh, Islah, Kedelapan, Aulawiyah, Kesembilan Tathawwur wa Ibtikar, Kesepuluh, Tahadhur.

Kata Kunci : Peran guru PAI, Prinsip-prinsip moderasi, Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:41
Last Modified: 24 Oct 2023 07:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8041

Actions (login required)

View Item View Item