Wulandari, Intan Ari (2023) Analisis Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI INTAN ARI WULANDARI -1901031031 - PGMI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Orang tua dari peserta didik belum memperhatikan pentingnya peran pendampingan belajar kepada anak-anaknya. Hal ini dikarenakan orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dalam kesehariannya sehingga orang tua lupa dalam memberikan peranannya pada pendampingan belajar bagi anak. Orang tua beranggapan bahwa siswa kelas V merupakan siswa yang telah mandiri dalam kegiatan belajar dan orang tua menyerahkan pembelajaran kepada pihak sekolah. Sehingga anak terkadang tidak bersemangat dalam belajarnya untuk meningkatkan hasil belajar. Untuk itu perlu adanya peran pendampingan orang tua terhadap siswa agar siswa merasa bersemangat, dan tidak merasa terbebani dalam kegiatan belajar seperti pada saat siswa mengerjakan tugas dari sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam proses pendampingan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SDN 6 Metro Barat, subjek dari penelitian yaitu 6 orang tua dan 6 siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Sumber data yang digunakan oleh peneliti yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Taknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pendampingan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Metro Barat terdapat orang tua yang memberikan peran pendampingan secara maksimal kepada anak karena orang tua berada di rumah, namun terdapat pula orang tua yang belum maksimal dalam memberikan pendampingan karena pekerjaannya. Terdapat beberapa peran orang tua dalam pendampingan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 6 Metro Barat yaitu seperti orang tua sebagai pendamping, orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai penyedia tempat belajar yang kondusif kepada anak dan peduli terhadap kesehatan anak.
Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Pendampingan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8048 |
Actions (login required)
View Item |