Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 4 Kecamatan Bandar Mataram

Anwar, Irfan Khoirul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 4 Kecamatan Bandar Mataram. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Bagi 'SKRIPSI - irfan k-anwar.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPS sebagai salah satu komponen progmatik didalam kurikulum sekolah, sesungguhnya banyak diharapkan untuk mendukung tercapainya tujuan ideal pendidikan. Melalui pendidikan IPS peserta didik dibina dan dikembangkan kemampuan mental intelektualnya menjadi warga Negara yang berketerampilan dan berkepedulian sosial serta bertanggung jawab sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. Pembelajaran IPS yang termuat dalam kurikulum pendidikan merupakan penyederhanaan bahan pelajaran dari pengetahuan atau konsep ilmu sosial.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIIIA (control) dan VIIIB(experimen) SMP PGRI 4 Kecamatan Bandar Mataram yang berjumlah 40 Peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan dokumentasi, wawancara. Analisis data menggunakan uji hipotesis (paired sampel tes) dan uji N-Gain
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP PGRI 4 Kecamatan Bandar Mataram. Indikator dari penilaian hasil belajar tersebut dapat terlihat dari nilai posttest siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan tujuan
penelitian dnegan hipotesis uji-t diperoleh nilai sg (2 – Tailed) kurang dari < 0,05 yakni 0,000 sehingga H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP PGRI 4 Kecamatan Bandar Mataram. Dengan kata lain model pembelajaran mind
mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dengan kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:34
Last Modified: 16 Aug 2023 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8053

Actions (login required)

View Item View Item