Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Produk Imitasi Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Lampung)

Setyawati, Yusni (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Produk Imitasi Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
YUSNI SETYAWATI.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Keputusan dalam melakukan pembelian merupakan hal yang sangat komplek terjadi melalui proses yang sangat panjang. Pada dasarnya keputusan untuk melakukan selalu muncul dan diawali oleh adanya rasa ingin tahu akan kebutuhan terhadap suatu produk, baik berupa barang atau jasa. Beberapa dari faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dapat dikendalikan oleh penjual, tetapi beberapa faktor lain tidak dapat dikendalikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produk imitasi ditinjau dari etika bisnis Islam mahasiswa IAIN Metro Lampung. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu interview dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah data berupa hasil interviewdengan beberapa orang mahasiswa yang membeli produk tas imitasiserta data lain yang mendukung. Dalam penelitian ini bertujuan untuk faktor-faktor apa sajakah yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produkimitasi ditinjau dari etika bisnis Islam mahasiswa IAIN Metro Lampung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwabeberapa faktor yang dominan mempengaruhi keputusan mahasiswa membeli produk imitasi diantaranya Gaya Hidup, gaya hidup mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian, semakin berkelas tinggi gaya hidup, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian tas imitasi merek. Pengetahuan, pengetahuan terhadap merek mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, semakin meningkatnya citra merek maka akan meningkat pula keputusan pembelian tas imitasi, demikian pula sebaliknya. Kepercayaan, kepercayaan dalam kaitannya dengan produk imitasi adalah berkaitan erat dengan keyakinan konsumen pada kualitas dan harga barang produk imitasi tersebut. Semakin tinggi derajat kepercayaan konsumen, semakin tinggi tingkat pembelian niat konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 00:48
Last Modified: 14 Jan 2020 00:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item