Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlakdalam Pembentukan Karakter Religius dan Sikap Kepedulian Sosial Di MTs Bustanul Ulum Jaya Sakti Anak Tuha Lampung Tengah

Jumadi, . (2023) Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlakdalam Pembentukan Karakter Religius dan Sikap Kepedulian Sosial Di MTs Bustanul Ulum Jaya Sakti Anak Tuha Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
JUMADI 18001746 -.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum akidah akhlak adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman untuk menggunakan aktivitas belajar mengajar, Pendidikan karakter akan memberikan bantuan sosial agar individu dapat tumbuh dalam menghayati kebebasannya dalam hidup bersama dengan orang lain di dunia. Karakter religius adalah usaha sekolah yang dilakukan secara bersama oleh guru, pimpinan sekolah melalui kegiatan sekolah untuk membentuk akhlak, Kepedulian sosial dalam kehidupan masyarakat lebih kental diartikan sebagai perilaku baik seseorang dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada masyarakat, pentingnya karakter religius dan sikap kepedulian sosial seseorang, maka banyak diterapkan dalam
pendidikan di sekolah menjadi peserta didik yang berkarakter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi kurikulum akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius dan sikap kepedulian sosial di MTs Bustanul Ulum Jaya Sakti Anak Tuha. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi kurikulum akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius dan sikap kepedulian sosial di MTs Bustanul Ulum Jaya Sakti Anak Tuha.

Desain penelitian ini diantaranya, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data aitu penarikan sampel lebih representatif baik ditinjau dari segi pengumpulan data maupun dalam pegembangan data. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan. 1) pelaksanaan pembelajaran, dan perencanaan kurikulum mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius dan sikap peduli soaial meliputi penyusunan silabus yang meliputi: 1) penyusunan silabus, 2) sosialisasi silabus dan 3) RPP yang merupakan persiapan untuk mempermudah jalannya proses belajar. (b) Pelaksanaan adapun pelaksanaan pembelajaran kurikulum mata pelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius dan kepedulian sosial dengan: (1) intrakurikuler materi kurikulum mata pelajaran akidah akhlak untuk membentuk karakter religius dan kepedulian sosial adalah dengan cara pelaksanaan proses belajar mengajar antara guru dan siswa dengan mata pelajaran akidah akhlak. 2) Faktor pendukung masjid, perpustakaan Islami, pengeras suara, budaya bersalaman dengan guru sebelum masuk madrasah, dorongan yang kuat dari dewan guru, tersedianya Qur’an, adanya alat peraga dan LCD di setiap kelas factor penghambatnya antara lain: pergaulan siswa diluar madrasah, latar belakang siswa yang berbeda, faktor lingkungan yang kurang mendukung, tidak adanya masjid, faktor pergaulan teman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:33
Last Modified: 16 Aug 2023 07:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item