Nasikah, Kholifatul (2023) Pengaruh Kesadaran dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2020 IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
KHOLIFATUL NASIKAH_1903011066.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Industri kosmetik dan kecantikan merupakan industri dengan nilai yang sangat tinggi di dunia, salah satunya adalah Indonesia. Sebagai negara dengan jumlah populasi mayoritas muslim, permintaan akan kosmetik halal sangat tinggi. Apalagi kosmetik menjadi kebutuhan utama perempuan terutama mahasiswa dalam menunjang kecantikan agar lebih percaya diri. Dengan ditunjang kebutuhan dan keinginan mahasiswa akan produk kosmetik, maka perlunya kesadaran akan label halal dalam mengambil keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kesadaran terhadap keputusan pembelian produk kosmetik mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro. (2) pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro. (3) pengaruh kesadaran dan label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2019-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kesadaran secara parsial memiliki hubungan koefisien regresi dengan nilai positif sebesar 0,230. Variabel kesadaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung (2,033) > t-tabel (1,991) dan nilai sig 0,045 < 0,05. Pengaruh variabel kesadaran terhadap keputusan pembelian sebesar 42,9%. variabel label halal secara parsial memiliki hubungan dengan koefisien regresi dengan nilai positif sebesar 0,720. Variabel label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung (10,282) > t-tabel (1,991) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Pengaruh variabel label halal terhadap keputusan pembelian sebesar 57%. Dan secara simultan dari kedua variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik sebesar 58,7%. Sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kesadaran, Label Halal dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:33 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8074 |
Actions (login required)
View Item |