Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Marketing Usaha Pempek Sukadana Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Pada Pedagang Pempek Di Pasar Sukadana)

Erviawati, Febi (2023) Strategi Marketing Usaha Pempek Sukadana Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi Pada Pedagang Pempek Di Pasar Sukadana). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FEBI ERVIAWATI. - 1903010030 (1) - Febi Erviawati.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan wujud dari rencana yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang optimal. Strategi pemasaran mempunyai peran penting untuk mencapai keberhasilan usaha, banyaknya persaingan dalam melakukan bisnis maka strategi pemasaran nya pun harus dijalankan sebaik mungkin agar hasilnya sesuai dengan rencana. Seperti Pempek Sukadana menggunakan marketing mix dalam menjalankan kegiatan usahanya. usaha Pempek Sukadana, yaitu dimana seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan dengan konsep 4P, produk product, price, place, dan promotion.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing usaha pempek sukadana dalam perspektif ekonomi syari‟ah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data yang diperoleh dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer di dapatkan dari pemilik usaha pempek sukadana, karywan, dan konsumen serta data sekunder di dapatkan dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan judul penelitian yaitu strategi pemasaran. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah kualitatif menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pempek Sukadana milik Ibu Muryani menggunakan strategi pemasaran dalam usahanya. pemilik usaha pempek sukadana menciptakan ciri khas cita rasa produknya dan meningkatkan kualitas produk. Pada produk pempek tersebut pempek kapal selam menjadi produk unggul di kalangan semua masyarakat, hal ini mengakibatkan konsumen menjadi pelanggan tetap dan produk terjual hingga 500 pcs perhari. Strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh usaha pempek sukadana secara umum sudah sesuai dengan ajaran Ekonomi Syari‟ah yaitu produk yang halal, tidak berlaku curang, jujur, cerdas dalam menyikapi segala sesuatu, dan ramah kepada konsumen ataupun rekan kerja.
Kata Kunci : Strategi Marketing, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:34
Last Modified: 16 Aug 2023 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item