Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Produk Tabungan Haji Madani di BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan

Afrilia, Lala (2023) Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Produk Tabungan Haji Madani di BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LALA AFRILIA-1903021043.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Promosi berasal dari kata promote dalam bahasa inggris yang diartikan sebagai mengembangkan atau meningkatkan. Promosi merupakan kegiatan menginformasikan produk baik barang maupun jasa kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar dan tertarik untuk membelinya.Dalam penelitian yang telah dilakukan ini diketahui bahwa strategi promosi yang dilakukan BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan menggunakan tiga strategi yang telah diterapakan yaitu menggunakan strategi periklanan (Advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan penjualan pribadi (personal selling).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi promosi yang dilakukan oleh BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan dalam upaya meningkatkan minat nasabah produk tabungan haji. Apa saja kendala pihak BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan dalam melakukan promosi produk tabungan haji. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriktif kualitatif. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriktif kualitatif yaitu suatu penelitian yang memfokuskan pada penelitian lapangan (Field Research). Dalam mengambil sampel wawancara menggunakan sampling Purposive. Serta peneliti menguji keabsahan data dengan Triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan dalam upaya meningkatkan minat nasabah produk tabungan haji adalah dengan menggunakan strategi periklanan (Advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan penjualan pribadi (personal selling). Kendala pihak BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo Lampung Selatan dalam promosi produk tabungan haji adalah terbatasnya sumber daya manusia (SDM) dan meningkatnya kompetitor (pesaing).
Kata Kunci: Stategi Promosi, Produk Tabungan Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:32
Last Modified: 16 Aug 2023 07:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item