Zuhroh, Mamluatun (2023) Persaingan Usaha Fotokopi di Lingkungan IAIN Metro Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
MAMLUATUN ZUHROH-1804042007.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Dunia bisnis saat ini cakupannya sangat luas, salah satunya adalah usaha fotokopi. Pada masa sekarang ini layanan fotokopi adalah media yang sangat membantu masyarakat khususnya untuk golongan guru, pelajar, mahasiswa dan semua orang yang bergerak di dunia pendidikan. Berdasarkan hasil prasurvey yang peneliti lakukan pada usaha fotokopi di lingkungan IAIN Metro, dapat diketahui beberapa mulai dari lingkungan kampus 1 dan kampus 2 terdapat usaha fotokopi yang jaraknya hanya beberapa meter tidak jauh dari IAIN Metro. Begitu juga letak fotokopi satu dengan lainnya yang letaknya tidak terlalu jauh bahkan beberapa usaha fotokopi hanya bersebelahan satu dengan yang lain. Hal ini tentu menimbulkan persaingan, persaingan ini dapat diartikan sebagai suatu kegiatan bersama atau bertanding diantara pengusaha atau pebisnis yang satu dengan pengusaha atau pebisnis yang lain dalam memenangkan pangsa pasar, dalam mencari keuntungan, dalam upaya melakukan, menawarkan produk barang dan jasa kepada konsumen dengan berbagai strategi yang diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan yang terjadi pada usaha fotokopi di lingkunganIAIN Metro perspektif etika bisnis Islam. Jenispenelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha antar pengusaha fotokopi di lingkungan IAIN Metro mencakup enam prinsip yaitu yang pertama prinsipkeesaan, dalam hal ini para pengusaha menjalankan suatu persaingan usaha yang sehat. Kemudian terdapat prinsip keseimbanganyang dimana para pengusaha berupaya berbuat adil dalam segi melayani konsumen, tidak membedakan antara konsumen satu dengan konsumen lainnya.Prinsip kehendak bebas, para pengusaha fotokopi dalam menentukan harga tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Prinsip tanggungjawab,para pengusaha fotokopi senantiasa bertanggungjawab jika terdapat konsumen yang komplain.Prinsip kelima adalah prinsip kejujuran, Prinsip kebenaran tercerminkan oleh pengusaha fotokopi dengan berupaya menjalankan usahanya dengan mentotal secara jujur hasil print. Terakhir adalah prinsip kebajikan, dengan memberikan jasa edit secara gratis kepada para konsumen. Hal ini dapat dibilang suatu perilaku yang sederhana, namun dapat membuat hati konsumen bahagia.
Kata Kunci : Persaingan Usaha, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 07:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 07:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8090 |
Actions (login required)
View Item |