Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Mts Roudhotul Ulum Seputih Mataram

Unsyiah, Mauludatul (2023) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Mts Roudhotul Ulum Seputih Mataram. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Mauludatul Unsyiah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang terapkan oleh guru di sekolah. Hal ini dikarenakan, di tangan pemimpin yang merupakan ‘nahkoda’ dalam lembaga yang dipimpinnya akan terjadi perubahan-perubahan menuju standar mutu pembelajaran yang diharapkan. Peran yang tepat dan fungsi yang sesuai harus dijalankan oleh seorang kepala sekolah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator, maka akan mampu meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di sekolah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTs Roudhotul Ulum Seputih Mataram, serta untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadi penunjang serta penghambat dalam terjadinya peningkatan mutu pembelajaran.. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di MTs Roudhotul Ulum Seputih Mataram. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Data-data yang diperoleh dari lapangan kemudian diolah dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Mts Roudhotul Ulum Seputih Mataram telah mampu menjalankan perannya dengan baik. Namun Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya sebagai Seorang supervisor masih kurang maksimal, dampaknya guru dalam proses pembelajaran ada yang masih belum maksimal, sehingga beberapa peserta didik ada yang belum memahami materi pembelajaran, terutama ketika guru tidak hadir dalam forum pembelajaran. Faktor pendukung untuk faktor internal adalah kesadaran dari kepala sekolah, guru serta peserta didik untuk semangat dalam menjalankan perannya masing-masing. Faktor internalnya adalah sarana prasarana yang memadai serta Kerjasama antar warga sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Faktor penghambat internal yaitu adanya rasa malas, kurang semangat serta Kesehatan fisik dan psikis. Sedangakan untuk faktor eksternal adalah minimnya anggaran untuk menyediakan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran yang lebih lengkap.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Peningkatan Mutu Pembelajaran,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:34
Last Modified: 24 Oct 2023 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item