Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail SD Negeri 3 Sinar Banten

Ihjana, Miftha (2023) Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Pemahaman Siswa Tentang Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail SD Negeri 3 Sinar Banten. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
MIFTHA IHJANA.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dalam pendidikan agama Islam, pemahaman siswa tentang kisah nabi sangat penting dikarenakan kisah nabi mengandung nilai-nilai yang dapat diambil ibrahnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, penting adanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa dalam memamahi materi pembelajaran. Atas dasar permasalahan siswa tentang pemahaman kisah nabi

peneliti memutuskan untuk menerapkan metode sosiodrama sebagai alternatif dalam proses pembelajaran yang membantu siswa dalam pemahaman siswa tentang kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode sosiodrama terhadap pemahaman siswa tentang kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail SD Negeri 3 Sinar Banten. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre�Eksperimental Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu metode sosiodrama sebagai variabel bebas dan pemahaman siswa tentang
kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail sebagai variabel terikat.

Berdasarkan Hasil penelitian dan pembahasan dari hasil perolehan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan t-test yaitu diperoleh t�hitung sebesar 18,174 sedangkan nilai t-tabel sebesar 1,74588 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti bahwa t hitung > t-tabel. Hasil tersebut menunjukan bahwa HO di tolak Ha diterima, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh motode sosiodrama terhadap pemahaman siswa tentang kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Selain itu, melalui hasil Pre-Test dan Post-Test setelah diberikan treatment bahwa metode sosiodrama mempunyai pengaruh 27% dalam mempengaruhi pemahaman siswa tentang materi kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail.
Kata Kunci:Metode Sosiodrama, Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:42
Last Modified: 15 Sep 2023 00:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8096

Actions (login required)

View Item View Item