Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi pendidikan karakter muslim menurut dr. Muhammad ali al-hasyimi di pondok pesantren modern roudhotur ridwan sekampung

Halimah, Murni Nur (2023) Implementasi pendidikan karakter muslim menurut dr. Muhammad ali al-hasyimi di pondok pesantren modern roudhotur ridwan sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Murni Nur Halimah.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah serangkain usaha dalam melatih diri agar memiliki karakter baik yang diwujudkan melalui tingkah laku maupun tutur kata dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Dr. Muhammad Ali Al-hasyimi, seorang muslim hendaknya memiliki karakter antara lain karakter muslim bersama Tuhannya, muslim terhadap dirinya, muslim bersama kedua orang tuanya, muslim bersama pasangannya, muslim bersama anak-anaknya, muslim bersama keluarga dekat dan keluarganya yang jauh, muslim bersama tetangganya, muslim bersama sahabatnya, muslim bersama masyarakatnya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter menurut Dr. Muhammad Ali Al-Hasyimi di Pondok Pesantren Modern Roudhotur Ridwan Sekampung dan metode apa saja yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter muslim. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter menurut Dr. Muhammad Ali Al-Hasyimi di Pondok Pesantren Modern Roudhotur Ridwan Sekampung dan untuk mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter muslim.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah ustadz atau ustadzah dan santri. Teknik penjamin keabsaan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Implementasi karakter muslim terhadap Tuhannya yaitu karakter iman dan taqwa, karakter muslim terhadap dirinya yakni berkaitan dengan akal, fisik, dan jiwanya, karakter muslim bersama kedua orang tuanya yaitu mendoakan kedua orang tua, karakter muslim bersama sahabatnya yakni kepedulian sesama santri, dan muslim bersama masyarakatnya yaitu mudah bergaul di masyarakat. 2) Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran dengan cara bandongan atau ngaji kitab, metode keteladanan dilakukan dengan cara memberikan contoh dalam berperilaku seperti datang ke kelas tepat waktu, bertutur kata yang sopan dan berpakaian rapi dan sopan, dan metode pembiasaan dengan cara membiasakan para santri untuk mengulang pembelajaran, puasa senin kamis dan berinfaq.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Metode Pendidikan Karakter, Pondok
Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Oct 2023 00:49
Last Modified: 04 Oct 2023 00:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8098

Actions (login required)

View Item View Item