Damayanti, Elvia (2023) Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Menabung Di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kecamatan Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ELVIA DAMAYANTI - 1903021026 - PBS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Sebagai lembaga keuangan syariah, BMT merupakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip bagi hasil. Minat digambarkan sebagai situasi seseorang sebelum melakukan tindakan yang dapat dijadikan dasar untuk memprediksi perilaku atau tindakan. Minat tidak akan muncul dengan sendirinya secara tiba-tiba dalam diri individu, minat dapat muncul dalam diri seseorang melalui proses. Maka dari itu perlu adanya strategi marketing untuk meningkatkan masyarakat untuk bergabung menjadi anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing dalam meningkatkan minat masyarakat menabung di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi marketing dalam meningkatkan minat masyarakat menabung di BMT Assyafiiyah BN yaitu dengan menerapkan 4P (Product, Price, Place dan Promotion), media cetak berupa brosur, jemput bola dan personal selling. Secara keseluruhan, strategi marketing yang dilakukan sudah cukup baik, hanya saja ada beberapa bagian yang belum maksimal seperti sistem jemput bola yang hanya dilakukan di pasar saja.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Lembaga Keuangan Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8107 |
Actions (login required)
View Item |