Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA TMI Metro Pada Materi Spermatophyta

Sari, Resti Ayunda (2023) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA TMI Metro Pada Materi Spermatophyta. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Resti Ayunda Sari_1901081025.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahna hasil belajar siswa X SMA TMI Metro. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah dapat berpengaruh dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi Spermatophyta.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu) yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi terkontrol. Subjek penelitian adalah siswa SMA TMI Metro kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Dengan jumlah siswa X IPA 1 sebanyak 26 siswa sedangkan X IPA 2 sebanyak 21 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi Spermatophyta. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan tes, wawancara, dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif.

Hasil penelitian menujukan dengan upaya meningkatkan hasil belajar menggunakan pemanfaatan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi Spermatophyta. Terbukti dari Uji t yang telah dilakukan dengan nilai uji idependent sampel t test dapat diketahui bahwa nilai sig(2-tailed) pada penelitian ini sebesar 0,03 < 0,05 sehingga ditolak artinya terdapat pengaruh dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Kata Kunci : Pemanfaatan Lingkungan, Hasil Belajar, Spermatophyta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:15
Last Modified: 25 Sep 2023 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item