Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Karakteristik Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha Kecil (Home Industry) Pembuatan Tempe (Studi Kasus: Home Industry Pembuatan Tempedi Desa 35 Wonosari Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur)

Mahmudah, Umi (2018) Karakteristik Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha Kecil (Home Industry) Pembuatan Tempe (Studi Kasus: Home Industry Pembuatan Tempedi Desa 35 Wonosari Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI UMI MAHMUDAH NPM. 13104704.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Usaha kecil merupakan sebuah kegiatan menghasilkan barang atau jasa yang jumlahnya terbatas, modal yang terbatas, keuntungan yang relatif kecil, tenaga kerja sedikit, menggunakan alat yang sederhana dan kepemilikannya hanya satu orang saja. Salah satunya usaha pembuatan tempe di Desa 35 Wonosari yang mempertahankan keberlangsungan usahanya sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik apa saja yang mempengaruhi keberlangsungan usaha kecil pembuatan tempe tersebut.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap pemilik usaha pembuatan tempe yang berada di pasar Templek Desa 35 Wonosari. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Semua data-data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dari beberapa karakteristik yang dimiliki usaha kecil terdapat empat karakteristik yang mempengaruhi keberlangsungan usaha tempe tersebut, yaitu fleksibelitas penyesuaian kapasitas produk, pemasaran yang terbatas, karakteristik pemilik usaha, dan manajemen berdiri sendiri.Karakteristik tersebut sebagai faktor pendukung dalam berjalannya usaha tempe dari sejak awal sampai usaha sekarang masih berlangsung. Keempat karakteristik tersebut harus didalami, yakni fleksibilitas penyesusaian kapasitas produk yang sangat mudah dalam penyesuaian jumlah produk yang dihasilkan dengan keadaan pasar atau pangsa pasar yang dapat mencegah kerugian yang besar, pemasaran yang yang tebatas membuat pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak, karakteristik pemilik usaha yang membuat konsumen menjadi pelanggan tetap, dan manajemen berdiri sendiri yang membuat pemilik leluasa dengan kehendaknya dalam mengambil keputusan sendiri tanpa harus mempertanggungjawabkan dengan pihak lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Jan 2020 00:32
Last Modified: 14 Jan 2020 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item