Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Segi Gender

Sari, Sindy Putri Kumala (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Segi Gender. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SINDY PUTRI KUMALA SARI_1901060028.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa pada saat menyelesaikan soal matematika yang berbentuk soal cerita. Siswa kesulitan mengubah soal yang berbentuk cerita ke dalam model matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari segi gender.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik yang berjumlah 30 siswa kemudian peneliti menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pemilihan subjek dengan kriteria siswa laki-laki yang melakukan jenis kesalahan terbanyak serta dapat berkomunikasi dengan baik dan siswa perempuan yang memiliki jenis kesalahan terbanyak serta mampu berkomunikasi dengan baik sehingga terpilih 5 siswa yang dilakukan analisis mendalam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa siswa perempuan melakukan 5 jenis kesalahan yaitu prosedur tidak tepat (19,56%), kesimpulan hilang (26,08%), konflik level respon (13,04%), masalah hirarki keterampilan (17,39%), dan selain ketujuh kategori diatas (23,91%). Sedangkan siswa laki-laki melakukan 6 jenis kesalahan yaitu data tidak tepat (18,91%), prosedur tidak tepat (13,51%), kesimpulan hilang (18,91%), konflik level respon (8,10%), masalah hirarki keterampilan (10,81%), dan selain ketujuh kategori diatas (29,72%). Adapun beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan- kesalahan tersebut adalah siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal, siswa tidak membaca data dengan benar sebelum melakukan perhitungan, siswa kurang paham dengan materi, siswa terburu-buru, dan siswa lupa menuliskan hasil yang sudah diperoleh sebagai kesimpulan.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Gender, Kriteria Watson, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Soal Cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Sep 2023 00:57
Last Modified: 15 Sep 2023 00:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item