Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Puzzle di Tk Ma’arif NU 1 Taman Cari Purbolinggo

Safitri, Ajeng Rizky (2023) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Puzzle di Tk Ma’arif NU 1 Taman Cari Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AJENG RIZKY SAFITRI NPM. 1901041001.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle di TK Ma’arif NU 1 Taman Cari. Anak usia dini memiliki kecenderungan belajar melalui bermain sehingga metode bermain dianggap tepat dalam proses pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan anak dalam berbagai aspek. Namun, setiap anak memiliki daya pikir yang berbeda-beda. Seperti halnya, di TK Ma’arif NU 1 Taman Cari terdapat anak-anak yang kemampuan kognitifnya belum berkembang dengan baik, yaitu dalam hal mengenal bentuk geometri, membedakan
bentuk geometri, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, mengenal warna, membedakan ukuran, dan mengenal huruf. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle di TK Ma’arif NU 1 Taman Cari.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini merupakan anak kelas B TK Ma’arif NU 1 Taman Cari sebanyak 13 peserta didik dengan komposisi 4 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan dua analisis diantaranya analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perkembangan antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran melalui permainan puzzle. Pada kondisi awal menunjukan peserta didik kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 31% (4 peserta didik), Mulai Berkembang (MB) sebanyak 46% (6 peserta didik), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 23% (3 peserta didik) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 0% (0 peserta didik). Pada Siklus I menunjukan peserta didik kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 0% (0 peserta didik), Mulai Berkembang (MB) sebanyak 62% (8 peserta didik), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 38% (5 peserta
didik) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 0% (0 peserta didik). Pada Siklus II menunjukan peserta didik kategori Belum Berkembang (BB) sebanyak 0% (0 peserta didik), Mulai Berkembang (MB) sebanyak 0% (0 peserta didik), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebanyak 15% (2 peserta didik) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 85% (15 peserta didik). Dengan demikian, proses pelaksanaan tindakan kelas yang telah peneliti lakukan di TK Ma’arif NU 1 Taman Cari yaitu bahwa kemampuan kognitif anak melalui permainan puzzle sudah berkembang dan mencapai kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 85% atau setara dengan 11 peserta didik.
Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Permainan Puzzle, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:56
Last Modified: 29 Sep 2023 02:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8158

Actions (login required)

View Item View Item