Nurmaya, . (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP Beringin Ratu 1 Serupa Indah kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NURMAYA_NPM. 1399201.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perubahan zaman telah merubah gayahidup seseorang terutama dikalangan remaja kebanyakan remaja sangat aktif dalam memanfaatkan teknologi yang ditawarkan diera globalisasi saat ini. Kehidupan remaja saat ini sering dihadapkan pada permasalahan yang begitu kompleks dan hal ini perlu mendapat perhatian. Salah satu masalah yang dihadapi saat iniadalah semakin menurunnya tatakrama kehidupan sosial dan etika moral remaja dalam praktik kehidupan baik itu dalam sekolah, rumah, maupun lingkungan masyarakat. Seperti yang kita temui terjadi banyak kasus penyimpangan norma, baik itu norma agama maupun sosial, berupa tawuran, pembunuhan, penyalahgunaan narkotika serta perilaku negatif lainnya. Pembinaan akhlak menjadi sangat penting dalam usaha mencegah efek negatif dari perkembangan zaman. Sehingga dari masalah-masalah tersebut di atas perlu adanya suatu upaya yang harus dilakukan oleh guru khususnya guru PAI dalam meningkatkan akhlak peserta didik khususnya tingkah laku, agar peserta didik memiliki akhlakul karimah yang sesuaidengan ajaran Islam, dengan tujuan agar tidak terjadi perilaku menyimpang baik di sekolah, keluarga, maupun tempat mereka tinggal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaperan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Beringin Ratu 1 Serupa Indah Kabupaten Way Kanan, metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak serta faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dialami oleh guru dalam membina akhlak siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalahguru dansiswa SMP Beringin Ratu 1 Serupa Indah Kabupaten Way Kanan. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dianalisis Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswadikategorikan sudah baik pelaksanaannya, kegiatan-kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah, menerapkan metode keteladanan, nasehat dan pengawasan bagi siswa; 2) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa, yaitu: a)Memberikan bimbingan kepada siswa; b)Melakukan absensi untuk shalat berjama’ah; c) Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan; dan d)Membiasakan siswa shalat dhuha; 3) Faktor pendukung dalam membina akhlak siswayaitu: a)Fasilitas; b)Pendidik;c) Sarana Prasarana; dan d) Peserta didik mudah dinasehati4) Faktor penghambat dalam membina akhlak siswayaitu: a)Peserta didik sulit dinasehati; b)Kurangnya dukungan dari orangtua;
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 09:20 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 09:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/816 |
Actions (login required)
View Item |