Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Menggunakan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Kelas 4 SDn 1 Astomulyo

Elvina, Amanda Ega (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Menggunakan Metode Pembelajaran Outdoor Learning Kelas 4 SDn 1 Astomulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AMANDA EGA ELVINA.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari hasil pra-survey
yang didapat yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran
menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Oleh
karena itu perlu adanya penerapan metode pembelajaran yang dapat melibatkan aktivitas siswa secara aktif dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar tentang siklus makhluk hidup melalui penerapan pembelajaran outdoor learning (di luar kelas) pada siswa kelas 4 SDN 1 Astomulyo.

Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai pelaksanaan dan peneliti sebagai observer. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Data tes hasil belajar dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran Outdoor Learning dianalisis dengan cara membandingkan skor tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Siklus Makhluk Hidup di SDN 1 Astomulyo Tahun Pembelajaran 2022/2023, yang ditandai dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sampai siklus II, dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 60 serta pada akhir siklus II sebesar 76 dengan presentase peningkatan sebesar 16 %, dan presentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 42% dan pada siklus II yaitu sebesar 83%.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Outdoor Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:36
Last Modified: 15 Sep 2023 01:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8163

Actions (login required)

View Item View Item