Febriani, Rizka Ambar (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi Perubahan lingkungan kelas x SMA/MA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Rizka Ambar Febriani.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Discovery
Learning pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X IPA SMA/MA. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D (4-D), yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Namun, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya.
Proses pengembangan melalui uji validitas oleh 2 ahli (1 orang ahli materi, 1 orang ahli media), uji coba terbatas oleh 10 peserta didik, dan uji respon oleh 1 guru biologi di MA Muhammadiyah Purbolinggo. Hasil validasi ahli
menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memperoleh persentase akhir sebesar 83% oleh ahli media dan sebesar 84% oleh ahli materi dengan kategori sangat baik. Kemudian, berdasarkan uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat baik dan pada uji respon guru memperoleh persentase 99% termasuk dalam kategori sangat baik pula.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran Biologi SMA/MA.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD, Discovery Learning, Perubahan Lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 01:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 01:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8164 |
Actions (login required)
View Item |