Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SD Negeri 1 Karang Anyar

Anggraini, Anggun (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SD Negeri 1 Karang Anyar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANGGUN ANGGRAINI.pdf - Other

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran Matematika antara lain adalah pembelajaran Matematika belum menggunakan model pembelajaran kontekstual, pembelajaran masih bersifat konvensional, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Karang Anyar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasi Eksperimental desain Pretest Posttest Control Grup Design. Penelitian ini membandingkan
kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakukan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji t’ independent sampel test menggunakan bantuan software SPSS version 29.0. Untuk melihatpeningkatan data hasil belajar peneliti menggunkan uji N-Gain Ternormalisasi.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Karang Anyar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis bahwa sig (0,01) < 0,05 dan t’-hitung (2,74) > t-tabel (2,03) sehingga hipotesis penelitian diterima, dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,7594 atau 75% (kategori efektif) dan N-Gain yang diperoleh kelas kontrol 0,5459 atau 54% (kategori kurang efektif).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:59
Last Modified: 29 Sep 2023 02:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8170

Actions (login required)

View Item View Item