Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Guru IPS dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di SMP Swadiri 1 Seputih Agung

Sari, Anggy Fatika (2023) Strategi Guru IPS dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa di SMP Swadiri 1 Seputih Agung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANGGY FATIKA SARI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil prasurvey pada umumnya gejala masalah pribadi dan sosial ini juga tampak dalam perilaku keseharian siswa. Sikap-sikap individualistis, egoistis, acuh tak acuh, kurangnya rasa tanggung jawab, malas berkomunikasi dan berinteraksi atau rendahnya empati merupakan fenomena yang menunjukkan adanya kehampaan nilai sosial dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk social, individu dituntut untuk mampu mengatasi segala permasalaahan yang timbul sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungan sosial. Oleh karena itu setiap individu dituntut untuk menguasai keterampilan- keterampilan sosial dan kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan pada: Strategi guru IPS dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Swadiri 1 Seputih Agung dan Kendala yang dihadapai guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Swadiri 1 Seputih Agung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, strategi dalam pelaksanaan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di kelas di SMP Swadiri 1 Seputih Agung.

Hasil penelitan menunjukan bahwa kendala yang dihadapai guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa di SMP Swadiri diantaranya yaitu (1)pengaruh teknologi, penggunaan gadget dapat menghambat keterampilan sosial siswa, karena siswa akan lebih memilih untuk bermain dengan ponsel yang ada di tangannya daripada berinteraksi dengan orang yang berada disekelilingnya.(2) kepribadian siswa, siswa yang mempunyai kepribadian yang tertutup biasanya ditandai dengan sifat malu yang berlebihan perkembangan keterampilan sosialnya cenderung lebih lamban dibandingkan dengan siswa yang mempunyai sifat atau kepribadian yang terbuka.(3) hubungan keluarga, komunikasi dan interkasi keluarga yang kaku dapat menghambat keterampilan sosial siswa.(4) hubungan teman sebaya, mayoritas anak-anak belajar mengembangkan keterampilan sosial.
Kata Kunci: Strategi Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Keterampilan
Sosil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:04
Last Modified: 04 Oct 2023 01:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8172

Actions (login required)

View Item View Item