Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MI Miftahul Huda Desa Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono

Azmi, Arda Ulul (2023) Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa MI Miftahul Huda Desa Bandar Agung Kecamatan Bandar Sribhawono. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ARDA ULUL AZMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Dalam wawancara dengan guru di jelaskan bahwa banyak siswa yang belum memahami panjang pendeknya dalam membaca Al-Qur’an, siswa belum memahami tajwid, dan sebagian ada juga yang belum faham dengan huruf-huruf hijaiyah. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, metode apakah yang yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, untuk mengetahui metode apa yang guru gunakan, untuk mengetahui strategi apa yang guru gunakan, untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor apa saja yang memnyebabkan siswa kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Untuk sumber datanya yaitu primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti ini mengunakan analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MI Miftahul Huda dilakukan dengan Pertama, Memlaksanakan kegiatan intra kurikuler, pemberian motivasi dan bekerja sama dengan orangtua siswa. Kedua metode yang digunakan guru dalam menjelaskan ilmu tajwid yaitu dengan menggunakan metode Talaqqi, Ketiga Faktor pendukungnya adalah guru yang mempunyai kemampuan dalam bidang ilmu tajwid yang baik dan adanya kerjasama guru dengan orangtua siswa. Keempat, Faktor penghambatnya adalah kurangnya fasiliitas mushaf Al-Qur’an di sekolah, kurangnya keseriusan siswa ketika proses belajar Al-Qur’an berlangsung dan ketidak pedulian siswa terhadap pentingnya membaca Al-Qur’an. Dengan dilaksanaannya kegiatan intra kurikuler, pemberian motivasi dan bekerjasama dengan orangtua Alhamdulilah peserta didik bisa lebih berkembang lagi dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum tajwid.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:01
Last Modified: 29 Sep 2023 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item