Ani, Dea Ayu Febry (2023) Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah Serta Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Dea Ayu Febry Ani.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Bank syariah dalam perkembangannya dapat disebabkan oleh kemajuan kualitas pelayanannya. Dengan kualitas pelayanan yang baik nasabah atau calon nasabah akan berkonsisten dan tertarik untuk menjadi nasabah di Bank Syariah. Pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Banarjoyo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah serta keputusan menjadi nasabah Bank Syariah. Untuk mengukur kepuasan nasabah atau calon nasabah terhadap kualitas pelayanannya dapat dilihat dari persepsi, apabila persepsi pada kualitas pelayanan yang diberikan baik maka persepsi tersebut merupakan persepsi positif. Begitupun sebaliknya, apabila persepsi pada kualitas pelayanan yang diberikan buruk maka persepsi tersebut merupakan persepsi negatif. Persepsi yang berbeda-beda pada kualitas pelayanan ini juga memberikan dampak yang berbeda terhadap keputusan
menjadi nasabah Bank Syariah
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Desa Banarjoyo. Sifat penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif, yang akan memaparkan secara sistematis berkaitan dengan persepsi masyarakat
terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara semi struktur yang dilakukan dengan sumber data primer yaitu masyarakat yang ada di Desa Banarjoyo dan menggunakan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Tekik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Setelah data-data terkumpul peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif secara induktif.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa masyarakat memiliki persepsi cenderung positif terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah. Meskipun masih terdapat persepsi negatif dan itu membutuhkan perbaikan dari Bank Syariah. Sedangkan persepsi tersebut dari sisi kehandalan, bukti fisik, daya tanggap, jaminan dan empati cukup memberikan kontribusi terhadap keputusan untuk menjadi nasabah Bank Syariah, walaupun sebagian masyarakat ada yang kurang tertarik menjadi nasabah Bank Syariah karena hal tersebut.
Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Kualitas Pelayanan Bank Syaria
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8189 |
Actions (login required)
View Item |