Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mts N) 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

Ghany Mu’thi Pratiwi, Berty (2019) Pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mts N) 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripis 060.FTIK.2019.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan kegiatan pengaturan kelas untuk kepentingan pengajaran dan untuk terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien. Hasil belajar merupakan bukti dari usaha yang dilakukan dalam kegiatan belajar. Guru Akidah Ahklak di MTs Negeri 1 Lampung timur pada saat belajar dikelas guru sudah sangat baik dalam melakukan pengelolaan kelas, misalkan dalam kegiatan diskusi kelompok jika terdapat siswa yang ribut atau melakukan kegiatan yang dapat mengganggu siswa lainnya guru langsung memberikan sikap yang tanggap, akan tetapi pada komponen memusatkan kembali perhatian siswi guru tersebut belum dapat mengimplementasianya akibatnya jika guru memberi teguran kepada siswa yang lainnya lebih asyik mengobrol. Sehingga hasil belajar siswa sebagian siswa yang yang mempunyai hasil belajar yang baik dan ada yang memiliki hasil belajar kurang baik.

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitiannya adalah “Apakah ada Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 1 Lampung Timur TP 2018?” Dapat dikatakan bahwa Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs)Negeri 1 Lampung Timur TP 2018. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang Keterampilan Pengelolaan kelas Guru. Sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data Hasil belajar siswa, data guru dan keadaan sekolah. Untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu menggunakan rumus Pearson Product Moment yang kemudian pengujian hipotesisnya dengan uji t.

Berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh harga Rxy sebesar 0,44. Selanjutnya dari harga Rxy tersebut dihitung harga thitung yakni sebesar 2,7292. Kemudian harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel , sehingga diperoleh harga thitung lebih besar dari pada harga ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan df = n – 2 = 33 – 2 = 31 yakni 2,7292 > 2,040. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh pengaruh keterampilan guru dalam pengelolaan kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 1 Lampung Timur TP 2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:57
Last Modified: 27 Sep 2019 07:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item