Febriana, Nur Aisyah (2023) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Negeri 3 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
S Nur Aisyah fix (2) - Nur Aisyah Febriana.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan adalah pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup, serta pendidikan dapat diartikan sebagai pengajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal.Guru adalah pendidik profesional, karena secara tulus ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang terpikul di pundak orang tua. Pekerjaan menjadi guru ini tidaklah mudah, tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang tanpa memiliki keahlian profesional.Pembelajara n Cooperative merupaka n model pembelajara n yang rangkaia n kegiata n pembelajara n dilakuka n ole h siswa denga n menggunaka n kelompo k belajar keci l di mana siswa bekerja sama untu k mencapai tujua n belajar yang tela h dirumuska n. hasi l belajar matematika adala h suatu proses pertumbuha n diri seseorang yang ditampakka n dala m bentu k peningkata n pengetahuan, kecakapa n, daya pikir, sika p, kebiasaa n, da n lai n sebagainya
Tujuan penelitian ini untu k mengetahui pengaruh penggunaan model NHT terhadap hasi l belajar matematika siswa kelas IV di MI Negeri 3 Metro. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan memberikan tes terkait hasil belajar Pre-Test dan Post-Test kepada responden kemudian diuji dengan uji validitas dan uji reabilitas terlebih dahulu untuk mengetahui tes yang disebarkan layak atau tidak. Penelitian ini menggunakan uji tingkat kesukaran. Penelitian ini dianalisis dengan ujinormalitas, uji t dan uji N Gain.
Berdasarkan hasil dan analisis penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 3 Metro. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji hipotesis paired sample test diperoleh thitung = 5,144 lebih besar dari ttabel = 2,059 dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis penelitian ini diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 07:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 07:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8206 |
Actions (login required)
View Item |