Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD NU Metro

Komariyah, Nur (2023) Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD NU Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NUR_KOMARIYAH - Nur Komariyah.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dari hasil penelitian pra survey yang didapat yaitu kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan, sehingganya siswa kurang termotivasi untuk belajar disekolah. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa masih kurang.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas 3 SD NU Metro .

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Dimana guru sebagai observer dan peneliti sebagai pelaksana. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3A yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu data hasil angket dan data tes hasil dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode bermain peran (role playing) dan dianalisis dengan cara membandingkan skor awal (Pretest) dan akhir (Posttest).
Dari tes dalam dua siklus diperoleh hasil bahwa menerapkan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil post test pada siklus II lebih baik dari hasil post test pada siklus I. Pada siklus I terdapat 8 siswa (33%) yang tuntas dan 16 siswa (67%) yang belum tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 10 siswa (42%) yang tuntas dan 14 siswa (58%) yang belum tuntas. Berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa menunjukan peningkatan motivasi belajar dari siklus I dan siklus II dengan data pada siklus I menunjukan 60% siswa termotivasi untuk belajar, dan pada siklus II meningkat menjadi 66% siswa termotivasi untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:55
Last Modified: 04 Oct 2023 07:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8210

Actions (login required)

View Item View Item