Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Media Audio Visual dalam mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

Sholehah, Nova Winda (2023) Implementasi Media Audio Visual dalam mengembangkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
FILE SKRIPSI NOVA WINDA SHOLEHAH (1) - Nova Winda Sholehah.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan implementasi media audio visual dalam mengembangkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 1 Metro Pusat. Bahasa mepermudah anak mengeluarkan pemikiran serta opininya sehingga dapat terjalin komunikasi dan sosialisasi dengan lingkungan disekitarnya. Terdapat empat jenis kemampuan berbahasa antara lain yaitu, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan menyimak, dan kemampuan berbicara. Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Dalam hal ini, memilih media pembelajaran juga perencanaan yang baik pula. Media Audio Visual merupakan jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, contoh rekaman video, film, slide suara, dan lain-lain. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur kemampuan berbahasa anak, misalnya anak sudah mampu menceritakan kembali dongeng atau cerita yang dia dengar, mengungkapkan perasaannya atau ide-idenya kepada orang lain, menjawab pertanyaan yang kompleks, menyusun kalimat berstruktur sederhana (pokok kalimat-predikat keterangan).

Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari sumber pertamanya yaitu seorang informan guru kelas B4 dan Kepala TK Aisyiyah 1 Metro Pusat. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data primer yaitu observasi, kemudian peneliti melakukan wawancara terhadap informan untuk mendapatkan data yang diperlukan. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Dalam melakukan analisis data ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi Data (Conclusion drawing).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas B4 telah melakukan tahapan-tahapan pembelajaran media audio visual dengan maksimal. Perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di kelas B4 belum maksimal dikarenakan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kemampuan bahasanya. Faktor-faktor tersebut berupa faktor yang mendukung yaitu lingkungan dan hubungan keluarga, dan faktor yang menghambat yaitu kecerdasan, kesehatan dan status sosial ekonomi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:59
Last Modified: 04 Oct 2023 07:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item