Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Perilaku Bisnis Pedagang Kuliner Kampung Tanggulangin Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam

Fania, Oktavia Hanes (2023) Analisis Perilaku Bisnis Pedagang Kuliner Kampung Tanggulangin Ditinjau Dari Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Oktavia Hanes Fania - 1804040078 - ESy.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Etika bisnis merupakan perwujudan dari serangkaian prinsip-prinsip etika kedalam perilaku bisnis yang harus dipahami dengan benar sehingga memungkinkan masyarakat untuk dapat menerima manfaat yang banyak dari kegiatan jual dan beli yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pedagang kuliner dan untuk mengetahui perilaku pedagang kuliner Kampung Tanggulangin dan untuk mengetahui tinjauan etika bisnis islam terhadap pedagang kuliner dikawasan pasar tradisonal Kampung Tanggulangin.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala Kampung, Pedagang Kuliner, dan Konsumen. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan perilaku bisnis, pedagang kuliner, dan etika bisnis islam serta diperoleh dari dokumen monografi kampung. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku pedagang kuliner dalam bertransaksi jual beli ditemukan ada pedagang yang tidak jujur dalam pendistribusian gorengan dengan mencampur gorengan kemarin dengan yang baru tanpa memberitahukan kondisi gorengan tersebut kepada konsumen dan pedagang kuliner juga tidak membersihkan tempat jualan dan membiarkan sampah berserakan, dan para pedagang kuliner tidak menyediakan lahan parkir, dan mendirikan lapak mereka antar pedagang dengan berdekatan yang mengganggu pejalan kaki dan menimbulkan kemacetan. Ditinjau dari segi etika bisnis Islam perilaku yang dilakukan oleh pedagang kuliner dikawasan pasar tradisional kampung tanggulangin telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam dalam kegiatan dagangnya, meskipun masih ada pedagang yang belum menerapkan etika bisnis islam seperti: prinsip kesatuan yaitu ada beberapa pedagang yang menunda nunda sholat. Prinsip tanggungjawab yaitu, ada pedagang kuliner yang pada saat menjual es menggunakan tambahan pemanis buatan.

Kata Kunci : Perilaku Bisnis, Pedagang Kuliner, dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:21
Last Modified: 25 Sep 2023 02:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item