Rahma, Husnia (2023) Interaksi Edukatif Guru Fiqih Sebagai Proses Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Di MTs Mamba’ul Huda 2 Kelas VIII Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Husnia Rahma - 1901011073 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan proses interaksi guru dengan siswa yang mengandung unsur unsur edukatif atau mendidik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan peneliti disekolah yakni pada proses pembelajaran, masih terdapat siswa yang pasif dalam proses pembelajaran, tidak bertanggung jawab dan kurang semangat dalam pembelajaran. Ketika mereka diberikan pertanyaan, beberapa dari mereka tidak merespon atau bahkan diam. Pertanyaan pada penelitian ini adalah “Bagaimana Interaksi Edukatif Guru Fiqih Sebagai Proses Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Di MTs Mamba‟ul Huda 2 Kelas VIII Tulang Bawang?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi edukatif guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yakni informan penelitian yaitu siswa kelas VIII dan guru fiqih di MTs Mamba‟ul Huda 2 sebagai sumber primer dan siswa VIII sebagai sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisa data meliputi reduksi data, display data dan pengambilan keputusan atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa interaksi edukatif guru fiqih sebagai proses dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MTs Mamba‟ul Huda 2 kelas VIII Tulang Bawang dilakukan dengan menggunakan pola interaksi 2 arah dan motivasi ekstrinsik. Motivasi belajar melalui interaksi edukatif mengalami pertumbuhan yang dapat dilihat dari adanya keterlibatan cukup aktif dari siswa, peningkatan keinginan belajar siswa tanpa disuruh guru, siswa lebih memperhatikan proses pembelajaran, tanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan memberikan respon atau jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru. Prosesnya sendiri bertahap dan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan guru karena perubahan atau hasilnya tidak terjadi secara langsung ketika suatu upaya diterapkan namun secara bertahap. Pembelajaran menggunakan cara ini menjadi lebih aktif dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa serta proses pembelajaran dapat berjalan dengan kondusif dan terarah.
Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Guru Fiqih, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:26 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8226 |
Actions (login required)
View Item |