Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Toko AM Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Kurniawati, Siti (2023) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Toko AM Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Siti Kurniawati -1804041154 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Strategi pelayanan adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan ide atau gagasan yang dilakukan sesuai standar kualitas dalam pelayanan untuk memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan, etika bisnis diperlukan sebagai pererapan khusus dari ide-ide etika umum terhadap prilaku bisnis . Bisnis yang merupakan kegiatan manusia dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Pada saat ini jenis usaha sangat banyak bentuknya, salah satunya yaitu usaha penjualan toko baju di Am Collection.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan strategi yang dilakukan oleh Am Collection sebagai usaha dalam meningkatkan pelanggan ditinjau dari etika bisnis islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan menggunakan metode data yaitu wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 6 pelanggan Am Collection, pemilik dan karyawan Am Collection. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan cara berfikir induktif yang berarti bertitik tolak dari yang khusus ke umum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Toko Am Collection Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam sudah diterapkan dengan baik. Dimana strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah pelanggan yaitu menggunakan Strategi pelayanan prima, yaitu Attitude (Sikap), Ability (Kemampuan), Attention (Perhatin), Action (Tindakan), Accountabiity (Tanggung Jawab), Appearance (Penampilan), Symphaty (Simpati). Meskipun tidak terjadi peningkatan secara signifikan, akan tetapi penjual menyiasati dengan strategi pelayanan yang cukup baik dalam menarik minat pembeli dan sudah menerapkan Etika Bisnis Islam didalamnya.

Kata Kunci:Strategi Pelayanan Dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:12
Last Modified: 04 Oct 2023 08:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8232

Actions (login required)

View Item View Item