Meliana, Ginta Dwiki (2023) Faktor Faktor Pengambilan Keputusan Pedagang Di Pasar Tradisional Tridatu Lampung Timur Dalam Menggunakan Pembiayaan Murabahah Di BMT Assyafi’iyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Ginta Dwiki Meliana - 1903020024 - PBS.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Faktor Faktor Pengambilan Keputusan Pedagang Di Pasar Tradisional Tridatu Lampung Timur Dalam Menggunakan Pembiayaan Murabahah Di BMT Assyafi’iyah Oleh: Ginta Dwiki Meliana NPM. 1903020024
Salah satu pembiayaan yang sering dilakukan di BMT adalah akad murabahah, yang mana akad murabahah merupakan kontrak jual-beli dimana bank bertindak sebagai penjual sementara nasabah sebagai pembeli. Harga jual adalah harga beli bank ditambah keuntungan. Walaupun akad murabahah ini sering digunakan, namun sebagian masyarakat belum mengerti tentang implementasi akad ini. Pada kenyataannya BMT Assyafi’iyah menawarkan begitu banyak produk layanan yang sangat menarik para nasabahnya. Namun pedagang lebih condong memilih pembiayaan murabahah. Hal yang perlu diketahui pertama kali adalah faktor – faktor yang mempengaruhi pembiayaan murabahah baik dari sisi internal maupun eksternal bank. Hal ini menjadi daya tarik peneliti. Sesungguhnya apa yang menarik dari produk pembiayaan murabahah yang dimiliki BMT Assyafi’iyah sehingga banyak pedagang yang memilih menggunakan pembiayaan murabahah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Metode wawancara dalam penelitian ini menggunakan bentuk structured yaitu melalui pihak BMT dan pedagang di Pasar Tradisional Tridatu.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pedagang banyak menggunakan produk murabahah untuk keperluan modal usaha, peningkatan produktivitas, menambah varian produk, menambah asset usaha, menambah luas wilayah usaha, penambahan kondisi bangunan, pendistribusian pendapatan dan terdapat dua (2) faktor yang menjadi pertimbangan konsumen memilih pembiayan murabahah di BMT Assyafi’iyah, faktor tersebut yakni faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi sosial, produk, promosi, harga dan pelayanan. Sedangkan faktor internal meliputi faktor sikap dan keyakinan.
Kata Kunci: BMT, Pedagang, Murabahah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 08:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8233 |
Actions (login required)
View Item |