Izzati, Nur (2023) Implementasi Bauran Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NUR IZZATI - 1903020037 - PBS.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran yang digunakan untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian nasabah dengan tujuan menghasilkan serta menjual produk dan jasa yang dapat memberikan kepuasan kepada nasabah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di Bank Aman Syariah Sekampung dan untuk mengetahui faktor yang menghambat implementasi bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di Bank Aman Syariah Sekampung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian menggunakan triangulasi untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Bauran pemasaran yang diterapkan Bank Aman Syariah Sekampung adalah bauran pemasaran 7P, yaitu: Pertama Produk (product), yaitu produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Kedua harga (price), yaitu menerapkan sistem bagi hasil. Ketiga promosi (promotion), yaitu promosi dilakukan melalui brosur, surat kabar, radio dan melalui media online seperti website, whatsapp dan instagram serta mendatangi calon nasabah secara langsung. Keempat distribusi (place), yaitu menentukan lokasi yang strategis agar mudah dijangkau oleh masyarakat. Kelima orang (people), yaitu memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah. Keenam proses (process), yaitu memberikan pelayanan yang baik dan cepat ketika bertransaksi dengan nasabah. Ketujuh bukti fisik (physical evidence) yaitu lingkungan kantor yang bersih, sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat dalam mengimplementasikan bauran pemasaran di Bank Aman Syariah Sekampung yaitu: tingkat persaingan yang tinggi, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Bank Syariah, kemampuan sumber daya manusia yang dimiliki Bank Aman Syariah berbeda-beda dan kurangnya pengalaman kerja untuk karyawaan yang baru bergabung dengan Bank Aman Syariah.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 08:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8242 |
Actions (login required)
View Item |