Sari, Novita (2023) Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika MI Ma’arif 18 Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NOVITA SARI - 1901031046 - PGMI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang perhitungan, pengkajian dan penggunaan keahlian berpikir secara logika dan pikiran logis, kritis analisis dan sistematis. Kebanyakan peserta didik menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, menakutkan, tidak menarik, dan juga membosankan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi pendidik untuk mengelola pembelajaran dikelas menjadi lebih efektif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan pendidik dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika yaitu dengan menggunakan metode bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika MI Ma’arif 18 Trimurjo.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas III MI Ma’arif 18 Trimurjo. Sampel dalam penelitian kelas III A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, kelas III B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, karena data tidak berdistribusi normal maka peneliti menguji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan nilai -Ztabel = 1,96 < Zhitung = 6,13 > Ztabel = 1,96 sehingga Ho ditolak artinya terdapat pengaruh positif penggunaan metode bernyanyi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika MI Ma’arif 18 Trimurjo. Dengan kata lain metode bernyanyi berpengaruh terhadap hasil belajar dengan kategori cukup efektif.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:07 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8250 |
Actions (login required)
View Item |