Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Ulum Bojong

Na’imah, Riyadhotun (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di MI Miftahul Ulum Bojong. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIYADHOTUN NA'IMAH - 1901030033 - PGMI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rendahnya hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran yang selama ini belum maksimal dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Ulum Bojong. Kondisi ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga hasil belajar Bahasa Indonesia menjadi rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain peran (role playing) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV di MI Miftahul Ulum Bojong.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental desain one group pretest postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bojong. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian kemudian dianalisis dengan non-parametrik, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa metode pembelajaran bermain peran (role playing) berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV MI Miftahul Ulum Bojong. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji non-parametrik dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Selain itu pengaruh metode pembelajaran bermain peran (role playing) ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest = 67,66 dan nilai rata-rata postest = 79,53. Dengan demikian metode bermain peran (role playing) ini berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Bojong.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:03
Last Modified: 29 Sep 2023 03:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8253

Actions (login required)

View Item View Item