Nurlatifah, Linda (2023) Analisis Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Di MTs Miftahul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Linda Nurlatifah - 1901071022 - T. IPS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembentukan karakter dilakukan guna sebagai upaya untuk meningkatkan perilaku individu secara berkesinabungan. Pembentukan karakter dimulai dari pendidikan yang merupakan pilar tegaknya suatu bangsa, sebab melalui pendidikan suatu bangsa akan tegak mampu menjaga marabatnya. Fenomena yang dijumpai di MTs Miftahul Ulum Seputih Surabaya yaitu, peran guru sebagai pembentukan karakter di sekolah MTs Miftahul Ulum masih minim, terutama karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab masih sangat kurang. Sekian banyaknya seorang guru yang mengajar di sekolah, hanya beberapa guru yang berperan menerapkan pembentukan karakter. Karena tidak semua guru menerapkan pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran dengan kata lain kurangnya perhatian khusus dalam proses pembelajaran hanya sekedar memberikan ilmu berupa materi dari pembelajaran yang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembentukan karakter siswa kelas VIII Di MTs Miftahul Ulum.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus dan sifat penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui informan seperti kepala sekolah, guru, dan peserta didik, dan sedangkan data sekunder melalui buku catatan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data interaktif menurut Miles dan Huberman, yang melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian membuktikan bahwa peran guru dalam pembentukan karakter siswa kelas VIII Di MTs Miftahul Ulum Seputih surabaya kabupaten lampung Tengah peran guru dalam pembentukan karakter masih kurang, terutama untuk karakter jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter yaitu adanya tata tertib sekolah, kurikulum PAI menurut depag, dan adanya kegiatan Diniyah. Faktor penghambat dalam pembentukan karakter di MTs Miftahul Ulum kurangnya kesadaran siswa terhadap tata tertib sekolah, kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya dan keberagaman karakter siswa dari berbagai daerah.
Kata kunci: Peran Guru, pembentukan karakter, siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 00:51 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 00:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8254 |
Actions (login required)
View Item |