Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Tanaman Hias Perspektif Etika Bisnis Islam Di Vernanda Tanaman Kecamatan Batanghari Lampung Timur

Putri, Dania Mutiara (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Tanaman Hias Perspektif Etika Bisnis Islam Di Vernanda Tanaman Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DANIA MUTIARA PUTRI - 1903010018 - ESY.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana sebuah bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan pelanggan. Salah satu alat untuk menyusun strategi pemasaran agar berhasilnya suatu usaha yaitu dengan mengunakan bauran pemasaran (marketing mix). Penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang atau jasa dengan harapan akan memperoleh laba dari adanya transaksi-transaksi tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan bisnis tanaman hias perspektif etika bisnis Islam di Vernanda Tanaman Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Vernanda Tanaman, peneliti menemukan hasil strategi pemasaran yang digunakan oleh Vernanda Tanaman yaitu menggunakan strategi pemasaran bauran pemasaran 4P, product, price, promotion, dan place. Vernanda Tanaman sudah melaksanakan strategi bauran pemasaran 4P dengan baik hingga mampu mempertahankan tingkat penjualannya.

Ditinjau dari etika bisnis Islam, ada beberapa hal yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Islam yakni kesatuan, keseimbangan dan kehendak bebas, namun ada juga yang belum terealisasikan dengan etika bisnis Islam yakni tanggungjawab dan kejujuran yang mana antara teori dan praktek dilapangan belum maksimal diterapkan dengan baik oleh Vernanda Tanaman.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:04
Last Modified: 29 Sep 2023 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8255

Actions (login required)

View Item View Item