Putri, Dania Mutiara (2023) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Tanaman Hias Perspektif Etika Bisnis Islam Di Vernanda Tanaman Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DANIA MUTIARA PUTRI - 1903010018 - ESY.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana sebuah bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan pelanggan. Salah satu alat untuk menyusun strategi pemasaran agar berhasilnya suatu usaha yaitu dengan mengunakan bauran pemasaran (marketing mix). Penjualan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh penjual dalam menjual barang atau jasa dengan harapan akan memperoleh laba dari adanya transaksi-transaksi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan bisnis tanaman hias perspektif etika bisnis Islam di Vernanda Tanaman Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam pengambilan sampel wawancara menggunakan teknik sampling yaitu Purposive Sampling.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Vernanda Tanaman, peneliti menemukan hasil strategi pemasaran yang digunakan oleh Vernanda Tanaman yaitu menggunakan strategi pemasaran bauran pemasaran 4P, product, price, promotion, dan place. Vernanda Tanaman sudah melaksanakan strategi bauran pemasaran 4P dengan baik hingga mampu mempertahankan tingkat penjualannya.
Ditinjau dari etika bisnis Islam, ada beberapa hal yang sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Islam yakni kesatuan, keseimbangan dan kehendak bebas, namun ada juga yang belum terealisasikan dengan etika bisnis Islam yakni tanggungjawab dan kejujuran yang mana antara teori dan praktek dilapangan belum maksimal diterapkan dengan baik oleh Vernanda Tanaman.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8255 |
Actions (login required)
View Item |