Sulastri, Wahyuni (2023) Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI WAHYUNI SULASTRI - 1901061035 - T. MTK.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan bahan ajar berupa LKPD berbasis matematika realistik, bahan ajar yang digunakan kurang menarik, serta kemampuan representasi matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan kevalidan, kemenarikan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA N 1 Batanghari sebanyak 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon peserta didik, lembar angket kepraktisan guru, serta instrumen tes.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan skor rata- rata dari validator ahli materi yaitu 3,65 dan skor rata-rata dari validator ahli media yaitu 3,45 denga kategori “sangat valid”. Hasil respon peserta didik pada aspek kemenarikan diperoleh persentase 89,8% dengan kategori “sangat menarik”. Hasil angket kepraktisan diperoleh skor rata-rata 3,9 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil tes pada aspek keefektifan memenuhi kriteria “efektif” dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,6% dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan data penilaian pada setiap indikator kemampuan representasi matematis yaitu indikator representasi gambar memperoleh persentase sebesar 78,3% dengan kategori “baik”, indikator representasi simbolik memperoleh persentase 85,2% dengan kategori “sangat baik”, dan indikator kemampuan representasi verbal memperoleh persentase 74,1% dengan kategori “baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD memenuhi kriteria valid, menarik, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi, LKPD, Pendekatan PMRI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 02:23 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 02:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8256 |
Actions (login required)
View Item |