Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Korelasi Metode Demonstrasi Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Di SDN 1 Jojog Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Fauziah, Miftakhul (2023) Korelasi Metode Demonstrasi Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV Di SDN 1 Jojog Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MIFTAKHUL FAUZIAH - 1901010047 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Aktivitas belajar adalah berbagai macam kegiatan baik aktivitas fisik maupun psikis, aktivitas aktif ialah siswa giat aktif dengan anggota badan, membuat sesuatu, bekerja atau bermain, sedangkan aktivitas psikis ialah jika daya jiwanya bekerja sebanyak-banyakya atau dalam rangka kegiatan belajar mengajar. Hal ini sangat penting karena sangat menentukan hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis adanya Korelasi metode Demonstrasi dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam siswa kelas IV di SDN 1 Jojog Pekalongan Lampung Timur.

Penelitian ini bersifat kuantitatif. Anggota populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa . Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah sampel 41 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasii. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dengan menggunakan aplikasi spss. Teknik penelitian dianalisis menggunakan rumus product moment dan dianalisis secara sistematik menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat Hubungan antara metode Demonstrasi dengan Hasil Belajar siswa kelas IV. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus Hubungan person product moment diperoleh nilai Hubungan 0,645 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Hubungan yang kuat antara metode Demonstrasi dengan hasil belajar siswa kelas IV. Sedangkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternativ (Ha) diterima. Sedangkan nilai uji Normaliitas Metode Demonstrasi sebesar 0,200> 0,05. Artinya nilai Sig lebih besar dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian distribusi normal. Dan Hasil analisis Uji Linieritas menunjukan bahwa nilai deviation From linearity sig sebesar 0,750 > 0,05 (diatas 0,05). Jadi pengaruh antara kedua variabel dinyatakan linear.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:25
Last Modified: 25 Sep 2023 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item